Sunday, April 23, 2017

Efek Samping Daun Salam Yang Tidak Di Ketahui Banyak Orang

Daun salam memang sangat di kenal sebagai daun dengan segudang manfaat, namun tidak semua orang tahu akan efek samping daun salam. Daun yang banyak di pakai sebagai penyedap masakan ini mempunyai efek samping yang tidak boleh di remehkan karena cukup berbahaya.

Efek Samping Daun Salam


Meskipun daun salam dapat mengeluarkan aroma khas yang sedap,namun perlu untuk di ketahui bahwa daun salam tidak dapat di konsumsi langsung akibat dari struktur dasar yang tidak dapat di cerna walaupun telah di kunyah.Dengan demikian kondisi daun salam akan tetap utuh meskipun telah masuk ke sistem pencernaan.

Bau dari daun salam yang khas dan sedap, daun salam juga terdapat banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi dalam memanfaatkannya juga harus berhati-hati, sebab adanya penelitian yang membuktikan adanya efek samping daun salam pada orang dengan kondisi tertentu.

Manfaat Dan Efek Samping Daun Salam


Banyak kabar yang mengatakan akan banyaknya manfaat dari daun salam bagi kesehatan tubuh, hal itu memang di benarkan. Berikut adalah manfaat dan juga efek samping daun salam bagi kesehatan :


  • Diperkirakan dapat menurunkan kolesterol dan juga gula darah


Polifenol yang terdapat pada daun salam bermanfaat untuk antioksidan yang baik.Berdasarkan penelitian, suplemen yang terdapat 1-3 gram daun salam yang di minum setiap hari di perkirakan dapat membantu menurunkan kolesterol serta gula darah pada penderita diabetes.


  • Sebagai penanganan batu ginjal


Daun salam sering disebut-sebut dapat mengurangi urease di dalam tubuh. Urease merupakan enzim yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika kadar enzim tidak seimbang.Beberapa contoh gangguan akibat tidak seimbangnya urease ialah adanya batu ginjal serta gangguan pada lambung.

Untuk upaya pencegahan gangguan pada lambung serta batu ginjal, daun salam biasanya akan di konsumsi bersamaan dengan tanaman herbal lainnya.Meskipun sebenarnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk penyembuhan batu ginjal.

  • Mampu mengurangi peradangan


Banyak penelitian yang menyebutkan, ekstrak daun salam dapat membantu mengurangi peradangan pada luka. Meskipun ketika penelitian di lakukan pada hewan, akan tetapi para ilmuan meyakini manfaatnya juga akan sama jika di terapkan pada manusia.


  • Membantu penyembuhan kanker



Telah di lakukan penelitian mengenai ekstrak daun salam untuk mengobati serta mencegah kanker payu dara. Sebagai jenis pengobatan alami, daun salam memang banyak di pakai sejak zaman dahulu sebagai pencegah serta pengobatan kanker. Meskipun untuk pembuktian pengobatan kanker masih di perlukan penelitian lanjutan.

Seperti yang telah disebutkan  bahwa ada beberapa efek samping pada penggunaan daun salam.Hal tersebut berlaku pada seseorang dengan kondisi tertentu,berikut efek samping daun salam yang tidak di ketahui banyak orang :


  • Pada penderita diabetes


Daun salam memang bermanfaat sebagai penurun kadar gula dalam darah, namun bukan tanpa resiko. Penggunaan daun salam untuk penyembuhan dapat mengakibatkan sulitnya mengontrol kadar gula darah.Maka disarankan untuk seseorang yang akan menggunakan daun salam sebagai pengobatan gula darah untuk berkonsultasi terlebih dahulu baik dengan dokter atau ahli.

Biasanya dokter akan menentukan takaran yang tepat untuk penggunaan daun salam serta di sarankan melakukan diet tertentu.


  • Pada pasien yang akan menjalani pembedahan



Jika seseorang telah di jadwalkan akan melakukan operasi pembedahan, akan sangat di sarankan untuk menghindari konsumsi daun salam,hal ini dapat menyebabkan menurunnya sistem kerja saraf pusat. Di khawatirkan akan menyebabkan efek samping yang semakin buruk ketika tercampur dengan obat yang di pakai saat pembedahan seperti obat-obatan anestesi.

Konsumsi daun salam sebaiknya di hentikan 2 minggu sebelum melakukan pembedahan.

Memang benar,untuk efek samping memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.Namun tidak ada salahnya jika tetap waspada ketika mengkonsumsi daun salam baik berupa suplemen atau ekstrak.Jika Anda ingin melakukan terapi pengobatan, akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu.